Daftar Isi
Sabtu minggu lalu, 25 November 2023, saya mengikuti acar SEO Roadshow Bandung yang diadakan oleh Digital Talkline. Pemrakarsa acara ini adalah Mas Erwin Petas, SEO Manager di Kumparan.com.
Yang perlu diperhatikan dalam SEO
1. Build brand. Bagaimana kita membangun merk yang berkulitas di mata konsumen.
2. Create content for users. Fokus membuat konten untuk pengguna, tidak hanya mesin pencari.
3. Business goal focus. Fokus pada tujuan bisnis.
Google akan melakukan tiga hal terhadap konten yang kita buat.
- Crawling
- Indexing
- Ranking
Dalam membuat konten, hendaknya kita memperhatikan taksonomi dan SEO Topic Clustering. Jangan lupa untuk melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Bisa menggunakan Google Trends, Ubersuggest. Lakukan juga riset kompetitor.
Writing for human – optimize for robots. Menulislah terlebih dahulu untuk manusia karena manusia yang akan mengakses konten kita. Lalu kombinasikan dengan optimasi untuk mesin pencari.
Setelah riset kata kunci, kita membuat konten brief
Membuat konten brief
- Judul
- Meta description
- Heading 2
- Heading 3
- Heading 4
- Target url
- Schema
- Call to Action
How SEO Tech Help The Buyer’s Journey by Eki Riandra
Pemateri kedua adalah Mas Eki Riandra, SEO Manage Traveloka, Google Search Central Help Community. Beliau membawakan materi How SEO Tech help the buyer’s journey
Principal buyer’s journey (perjalanan konsumen)
1. Pengguna sudah tahu masalahnya, tapi belum tahu caranya bagaimana mencari solusi (top funnel) > awareness
2. Pengguna sudah tahu problem, tetapi masih bingung memilih produk apa? Kenapa memilih produk tersebut? (Middle funnel) > consideration (pertimbangan)
3. Sudah mengetahui memakai apa dan solusinya apa (bottom funnel) > konversi
Tipe kueri dengan landing pages
- Homepage (brand keyword, tokopedia)
- Kategori
- PDP : tiap produk dengan harga, dll (kueri spesifik samsung S21 FE)
- Review
- Blog (awareness), mengakomodasi selain yang di atas, fleksibel
Buyers stage and landing page
1. Awareness : blog, video, podcast pages
2. Consideration : review, help centre (edukasi), testimoni, study case
3. Konversi : product detail page, demo page, sign up page
SEO Tech
1. Awareness : attractive title, meta desc, core web vitals, content relevancy
2. Consideration : structured data (review), video, image, relevant text, external links
3. Konversi : product feature (similar product), personalisation (sesuai preferensi pembeli), clear CTA (kalau beli sekarang ada potongan), Structured data (product)
Rendering process (cek js) SSR dan CSR
Handling response code
Arsitektur web (navigasi user)
Sitemap XML
Internal link yang relevan
Page experience
SEO at scale improvement
Easy Purchase Journey
Effective and efficient web framework and rendering is a must
Rendering awal website : load cepat sesuai server
Title
Gambar
Ukuran (user)
Deskripsi konten (server)
Toko (server)
Info pengiriman (user)
Paylater, dll (user)
Bagaimana kalau halaman 404/eror (kasih menu, search lainnya, produk mirip)
Navigasi user
User ke kategori ke pdp
User ke pdp
Blog ke pdp
Page experience
Mobile friendly ; mobile usability report
Safe browsing : security issues report
Https : tanda kunci
No intrusive interstitials : ads di depan page yang mengganggu, pop up
Core web vitals : cwv report, page speed insight, chrome developer tools, core web vitals overlay chrome
Scale up improvement penting dieksperimen
Optimasi yang global (similar product) find another product
Best practice of Monetizing your traffic from affiliate marketing by Mas Rozi from Accesstrade
Accesstrade (Mas Rozy) manajer marketing
Consumer, publisher, advertiser
CPA
Cost per leads
CPQL Cost per qualified leads
Cost per register
Cost per install
Cost per action
Cost per sales
Validasi di brand
Cookies from advertiser website (misal tokped per 3 hari)
Publisher ditracking oleh server
Accesstrade penyedia atau penghubung publisher dengan advertiser
Topic research relevan
Align with EEAT
Relevance topik
Problem solver
Expertise content
Informational content
Connecting the dot
Commercial content
High value keyword product
CTA creation
Topical authority
Contoh
my-best.com (Jepang) 200 juta dengan 2,8 juta traffic organik
financer.com
ceklist.id
iprices.com
shopback
moneyduck (literasi keuangan)
Best-seller.id
Arenagadget 84 juta traffic hanya 37k
3 main idea
1. Dominate the topic, product will follow
Align your blog post with search intent
2. Combine topic authority x product
3. Topic Cluster
Target a topic with potential search traffic
1. Find and build with the right nieche (masuk ke sub nieche, yang kecil)
2. Fokus di specific nieches (konversi bagus), visit sedikit, good conversion rate)
Bikin url khusus untuk affiliate misalnya review.muhammadamin.my.id
Align your blog post with search intent (pakai internal linking) 8-10 konten untuk jawab semua pertanyaan
1. Informational (low),
2. Navigational (medium to high, rekomendasi)
3. Commercial content (buyer guide, review, komparasi) medium to high
4. transactional (low to medium)
Pakai People Also Ask
Search pakai semrush
Product information and picture menentukan buyers decision untuk konversi
1. Informational yo commercial (80/20)
Informasi, value, insight, solusi
2. Seamless integration
Bikin list keyword, dikelompokkan, baru align dengan produk affiliate
Step affiliate
Research, clustering, alignment
Product cluster
Features, quality, design produk
Produk disesuaikan dengan user
Floral, wanita, remaja, harga di bawah 500 ribu, eau de toilette, parfum X, dst. baru align ke produk yang sesuai
Best car seat for 3 years old > … Review,… Review…
Konten rekomendasi
High value keyword
Informational
Expertise content
CTA creation
Elemen esensial : harga, gambar, review, dll.
Informasi, navigasi, transaksi
Rekomendasi Hp 3jutaan, hp samsung 3 jutaan, samsung A24
Semakin authority, semakin besar konversi Anda, tidak tergantung traffic
Affiliate is art of recommendating, not selling
Cek kompetitor, 5 kompetitor, mulai bikin konten
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.