Langkah Awal Menulis Buku

Langkah Awal Menulis Buku
Langkah Awal Menulis Buku

Mau enggak sih punya buku yang minimal bisa dibaca sendiri? Syukur syukur kalau bisa dibaca banyak orang.

Di era serba cepat dan digital ini, buku masih memiliki peran yang sangat penting dalam hal pertukaran ilmu, keberlanjutan sejarah, dan lain-lain. Buku fisik dan digital terus bersaing dari hari ke hari. Semakin banyaknya platform menulis seperti Wattpad, Storial, KBM App, Joylada, Novelme, dan sebagainya menggambarkan betapa masih banyak penulis dan pembaca buku.

Beberapa kali mengisi seminar literasi, saya sering mendapat satu pertanyaan, yaitu bagaimana mulai menulis buku perdana. Haruskah punya segudang buku referensi? Haruskah punya kemampuan menulis sekaliber penulis buku best seller yang bukunya selalu ada di tiap toko buku? Ehm, jawabannya tidak seekstrem itu.

Dewasa ini, banyak sekali kelas kepenulisan, baik yang gratis maupun berbayar yang sangat bisa kalian manfaatkan untuk mulai belajar menulis. Menulis apa, Kak? Apa saja. Puisi, cerpen, prosa, novel, karya ilmiah, dan sebagainya. Bebas.

Kali ini, aku mau share langkah pertama ketika menulis buku. Langkah ini aku dapatkan dari kelas kepenulisan yang pernah kuikuti dan buku yang kubaca.

Langkah 1 Membuat premis naskah

Ada yang tahu apa itu premis? Premis adalah satu kalimat singkat yang menggambarkan garis besar isi buku. Meski hanya satu kalimat, seseorang akan punya gambaran buku apa yang akan ditulis. Premis ini sangat berguna bagi penulis, juga editor.

Premis adalah elevator pitch. Maksudnya ketika kalian berada di elevator dan bertemu seorang editor incaran kalian, ketika editor bertanya kepada kalian sedang menulis buku apa, kalian bisa menjawab dengan premis ini. Mengapa? Karena waktu di elevator singkat dan kalian perlu jawaban ringkas untuk pertanyaan tersebut.

Baca Juga  Baru Mulai Menulis? Gunakan 7 Tools Pendukung Menulis Ini!

Aku bakal kasih tahu formula dan contoh premis naskah nonfiksi dan fiksi.

Untuk premis naskah fiksi, formulanya seperti ini,

Jenis naskah + Target Pembaca + Tujuan

Contoh

Kumpulan tulisan untuk mahasiswa agar mengoptimalkan potensi akademik dan nonakademik di kampus.

Untuk formula premis naskah fiksi seperti berikut,

Tokoh utama + tujuan + halangan

Contoh

Ani ingin berkuliah di kampus impian, tetapi terhalang biaya yang cukup tinggi.

Nah, gimana? Cukup mudah kan? Coba sekarang tuliskan di komentar kalian mau nulis buku apa dan tuliskan premisnya. Ditunggu ya.

#premisnaskah #nonfiksi #fiksi #menulisbuku #kepenulisan #premisnaskahnonfiksi #premisnaskahfiksi #20032021

Related posts