Formula Premis Naskah Nonfiksi

Formula Premis Naskah Nonfiksi
Formula Premis Naskah Nonfiksi
Formula Premis Naskah Nonfiksi

Buku solo terakhir yang saya tulis adalah buku nonfiksi berjudul Agar Kuliah Tak Menjadi Sia-Sia. Sebelum jadi sebuah buku, tentu saja ada beberapa langkah yang harus saya lakukan. Salah satunya adalah menulis premis.

Apa itu premis?

Premis adalah satu kalimat yang menggambarkan garis besar buku yang akan kita tulis. Ada yang mengatakan bahwa premis sebagai elevator pitch. Apa maksudnya? Bayangkan Anda sedang berada pada elevator dan bertemu dengan editor buku dari penerbit yang Anda impikan. Anda ingin menyatakan gambaran umum dari buku Anda. Maka, menggunakan premis sangatlah efektif karena tentu Anda tidak akan lama berada di elevator.

Jenis Naskah

Setelah tahu apa itu premis, maka sekarang kita perlu tahu dulu apa saja jenis naskah yang nantinya akan memudahkan kita dalam membuat premis.

Secara umum, jenis naskah ada dua, yaitu naskah fiksi dan nonfiksi. Naskah fiksi misalnya novel, kumpulan cerpen, cerita bersambung, novelet, cerita mini, dan semacamnya. Naskah nonfiksi misalnya tutorial, kumpulan tulisan, dan kumpulan cerita.

Formula Premis Naskah Nonfiksi

Sekarang mari fokus membahas formula premis naskah nonfiksi. Naskah nonfiksi ada tiga macam pada umumnya. Ada tutorial atau how to, kumpulan tulisan, dan kumpulan cerita.

Formula premis naskah nonfiksi untuk ketiganya sebagai berikut,

JENIS NASKAH + TARGET PEMBACA + TUJUAN/HASIL

Contoh:
Naskah tutorial : Tutorial (jenis naskah) untuk mahasiswa (target pembaca) agar sukses menyelesaikan skripsi dalam waktu 3 bulan (tujuan/hasil)

Naskah kumpulan tulisan : Kumpulan tulisan (jenis naskah) untuk bapak-bapak muda (target pembaca) agar siap mendidik anak sesuai ajaran Rasulullah. (tujuan/hasil)

Naskah kumpulan cerita : Kumpulan cerita penggugah jiwa (jenis naskah) bagi remaja (target pembaca) agar semangat dalam meraih cita-cita kuliah di luar negeri. (tujuan/hasil)

Baca Juga  Membentuk Kebiasaan Baru ala James Clear (bagian lima)

Nah, itulah formula premis naskah nonfiksi. Mudah sekali bukan? Sekarang coba tuliskan premis naskah nonfiksimu di kolom komentar ya.

Nantikan tulisan selanjutnya tentang premis naskah fiksi.

Keep inspiring throgh writing!

Related posts