Mulai Enggak Fokus? Pakai 5 Jurus Ini Biar Makin Fokus dan Produktif

Mulai Enggak Fokus? Pakai 5 Jurus Ini Biar Makin Fokus dan Produktif
Mulai Enggak Fokus? Pakai 5 Jurus Ini Biar Makin Fokus dan Produktif

Akhir-akhir ini, saya pribadi banyak terdistraksi dengan hal-hal di luar pekerjaan utama. Distraksi tersebut mulai dari keasyikan blogging berjam-jam, nonton video Youtube sekian jam, atau sekadar utak-atik laptop tanpa tujuan yang jelas dan tidak produktif.

Alhasil, pekerjaan tentu menumpuk. Pekerjaan hari ini menjadi besok, bahkan bisa mundur pengerjaannya sampai beberapa hari lamanya.

Selain itu, buku yang saya baca semakin sedikit halamannya sebab dibaca pada batas waktu malam menjelang tengah hari. Sesekali saya pun lupa untuk laporan sudah membaca berapa halaman ke grup laporan di WA.

Intinya, hal-hal yang mendistraksi saya dari berbagai fokus tadi menyebabkan hal-hal lain datang dan tak dapat dihindarkan. Saya jadi sering overload, overtime, dan over-over yang lain.

Lantas, bagaimana solusinya? Baiklah mari kita cari solusinya bersama.

1. Tuliskan agendamu dalam kertas atau aplikasi pengatur kegiatan

Bila kamu masih terbiasa dengan buku catatan, silakan tulis apa yang akan jadi agenda harianmu. Misal pukul 5 akan mengaji Al-Qur’an 1 juz, pukul 7 akan sarapan, dan seterusnya. Bila memakai gawai, kamu bisa pakai aplikasi Trello dengan membuat Board bertuliskan kegiatan sehari-hari. Di dalamnya buatlah 2 list, misal yang akan dilakukan dan sudah dilakukan.

Tuliskan pada tiap list dengan membuat card. Misalnya menulis card baru berisikan membaca buku pada pukul 8 pagi.

2. Hilangkan distraksi dengan aplikasi pengatur fokus

Salah satu pengalih fokus adalah hadirnya gawai dengan berbagai aplikasi yang menggiurkan. Anda bisa menghapus aplikasi yang kurang produktif atau memakai aplikasi pengatur fokus, misalnya aplikasi Focus To-Do dengan teknik Pomodoro.

3. Ciptakan suasanya yang mendukung fokus

Misalnya kamu lebih fokus bekerja ketika ada air di meja kerja. Maka, sediakan air di meja kerja. Barangkali kamu membaca buku lebih fokus ketika kondisi tenang, maka carilah tempat yang nyaman dan waktu yang tepat sehingga kamu bisa fokus membaca buku.

Baca Juga  Membentuk Kebiasaan Baru ala James Clear (bagian empat)

4. Selesaikan pekerjaan satu per satu

Kita kadang ingin melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu, tetapi biasanya hasilnya kurang memuaskan. Cobalah untuk mengerjakan satu pekerjaan sampai tuntas, baru kemudian beralih pada pekerjaan lain.

Prinsip ini ada dalam Al-Qur’an faizaa faroghta fanshob. Ketika kamu selesai dari satu pekerjaan, maka beralihlah pada pekerjaan lain.

5. Konsisten dengan yang akan dilakukan

Nah, ini tips terakhir, tetapi sesungguhnya menjadi kunci kesuksesan seluruh pekerjaanmu. Menjadi kunci keberhasilan 4 tips sebelumnya juga.

Kita semua berusaha untuk disiplin, kita semua berupaya untuk mengikuti jadwal yang ada dan sudah dibuat sedemikian rupa. Keinginan kuat dalam dirimulah yang nantinya menjadikan seluruh pekerjaan benar-benar selesai dilaksanakan atau sekadar menjadi wacana tanpa realisasi nyata.

Ya, itulah 5 tips fokus dalam pekerjaan. Semoga membantu teman-teman semua-saya sendiri termasuk di dalamnya-agar makin produktif dalam bekerja dan berkarya. Semakin mensyukuri nikmat waktu yang tidak dapat kembali sehingga kita harus mampu memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Keep inspiring through writing!

#day64 #05022021 #tipsfokus #tipsproduktif #tips #produktif #produktivitas

Muhammad Amin

Pengasuh di Mahad Al Qalam MAN 2 Kota Malang. Suka menulis di blog dan menulis buku. Sesekali menerjemahkan dokumen dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab atau bahasa Inggris.

Mungkin Anda juga menyukai

1
Hai, ada yang bisa saya bantu?
Hubungi Saya
Hai, ada yang bisa saya bantu?