Perjalanan Blogging dari Waktu ke Waktu

Perjalanan Blogging Saya dari Waktu ke Waktu
29/01/2021 – Perjalanan Blogging Saya dari Waktu ke Waktu (Canva)

Hari ini saya mau bercerita perihal perjalanan blogging saya kepada para pembaca.

Agar lebih enak, saya akan tulis seperti dua orang sedang bercakap-cakap atau wawancara saja.

Mulai Blogging

T : Sejak kapan lebih tepatnya Anda mulai blogging?
J : Kalau tanggal dan bulannya saya sudah lupa. Yang saya ingat waktu itu saya berada di bangku SMP. Kemungkinan kelas 7 atau 1 SMP. Saya tertarik blogging setelah kenal Ustaz Shobirin, guru Biologi saya yang aktif blogging waktu itu. Kalau mau lihat blognya silakan mampir dengan klik tautan berikut.

Web Pilihan Blogging

T : Wah, pasti Ustaz Shobirin guru yang inspiratif sekali soal blog. By the way, dulu mulai blogging di mana? Blogger, WordPress, atau yang lain?
J : Ehm, dulu mengawali blogging di Blogger. Saya sendiri sudah lupa apa alamat url-nya. Yang pasti saat itu asyik sekali karena blog sedang naik daun. Saya tidak blogging sendirian. Beberapa teman juga ikutan. Yang lebih seru adalah ketika pelajaran TIK (Teknik Informatika dan Komputer) waktu itu, kami diminta membuat blog pribadi dan mengisinya sesuka kami.

Keasyikan Blogging

T : Seru sekali ya. Apa keasyikan blogging sejalan dengan asyiknya utak-atik blog seperti ganti template?
J : Sebagai newbie di dunia blog, tentu saja saya tidak mau kalah dengan teman-teman dan ustaz saya perihal desain blog. Saya cari template gratis. Saya ganti berkali-kali, mencari yang paling bagus dan enak dipandang mata. Maklumlah, waktu itu belum kenal istilah optimasi, SEO, dan semacamnya.

Pindah Web Blogging

T : Pernah berpindah ke WordPress?
J : Pernah sih. Ustaz Shobirin, yang saya ceritakan di awal menggunakan wordpress. Namun, saya dan teman-teman lebih banyak memilih Blogger untuk mulai blogging. Mungkin karena memang tampilannya yang simpel bagi anak seumuran SMP. Pernah juga coba-coba Multiply meskipun sebentar. Akun wordpressnya sudah saya hapus karena saya fokus di Blogger.

Baca Juga  Perjalanan Menulis di Blog

Serius Blogging

T : Kapan tepatnya benar-benar serius blogging?
J : Mulai benar-benar blogging ketika beranjak SMA dan kuliah. Meskipun kala itu, saya mengisi blog semau saya saja. Kalau pas liburan bisa sehari menulis lebih dari satu tulisan. Kadang dua atau tiga tulisan.

Kejadian Tak Terlupakan

T : Ketika blogging di Blogger, pernahkah ada kejadian yang tak terlupakan? Atau mungkin ingin menghapus tulisan tertentu?
J : Ya, tentu saja ada. Ada masanya ketika asyik blogging, saya sampai buat 4 blog. Satu blog pribadi, satu blog fokus membahas komputer dan teknologi, satu blog untuk sekolah di Thailand ketika saya PKLI, satu blog lagi isinya bahan kuliah ketika S1.

Nah, rencananya beberapa blog mau saya hapus seperti blog pribadi dan blog sekolah Thailand, tetapi saya tidak bisa melakukannya karena waktu itu saya beralih dari pengguna Gmail ke Google Plus dan layanan Google Plus sudah terlebih dahulu ditutup sebelum saya sempat melakukan semua keinginan tersebut. Ya, dengan berat hati saya biarkan saja ada di internet.

Beberapa tulisan masih sempat saya selamatkan dan pindah ke blog baru, tetapi sisanya ya dibiarkan begitu saja. Saya hanya berharap semoga tulisannya mengandung kebaikan dan segala keburukan yang ada di dalamnya diampuni oleh Yang Mahakuasa.

Punya Domain Pribadi dan Sewa Hosting

T : Kapan tepatnya pertama kali punya domain sendiri seperti domain.com atau domain.id? Kapan juga mulai sewa hosting?
J : Kemungkinan sekitar akhir tahun 2017 atau 2018, saya lupa tahunnya. Yang pasti Desember. Domain pertama saya waktu itu www.muhammad-amin.com yang setelah memasuki akhir 2020 tidak saya perpanjang lagi. Waktu itu beli domain di rumahweb seharga 125.000 per tahun.

Akhir 2020 saya beli domain www.muhammadamin.id dengan harga yang jauh lebih mahal daripada domain sebelumnya. Niatnya waktu itu mau dipakai bersamaan dengan CMS wordpress.com. Domain .id ini saya beli seharga 250 ribuan di Rumahweb (link).

Baca Juga  Ikut Kelas Daring dan Fokus Blogging Saat Corona

Sayangnya, minpi itu tidak saya teruskan karena ternyata hosting di wordpress cukup merogoh kocek. Saya memutuskan membiarkan domain tersebut menganggur dan membeli domain baru www.muhammadamin.my.id yang saya pakai di blog ini. Saya beli domain terakhir ini berbarengan dengan hostingnya di www.idcloudhost.com (link). Rekomendasinya dari kelas WordPress (link kelas wordpress) milik Mas Fadilah Arsa. (Kasih link url Mas Arsa).

T : Wah, tidak terasa ternyata sudah cukup panjang perbincangan kita. Semoga terus semangat blogging dengan domain dan hosting yang baru ini.
J : Terima kasih. Aamiin. Semoga kehadiran blog ini bisa dirasakan manfaatnya oleh banyak orang.

Keep inspiring through writing!

#odopicc #30hbcicc #30haribercerita #indonesiancontentcreator #odopiccday29 #blogging #blog #hosting #kelaswordpress #day57 #29012021