Masih Asyik Utak-Atik Blog

Daftar Isi

22/12/2020 – Masih Asyik Utak-Atik Blog (Canva)

Melanjutkan aktivitas blogging adalah kegiatan saya akhir-akhir ini. Hal ini dimulai setelah saya mengikuti webinar Sedaring Nasional yang diisi oleh Tere Liye. Satu nasihat yang saya ingat adalah kalau benar kamu ingin menjadi penulis, ya menulislah setiap hari. Coba saja 1.000 kata per hari.

Nah, saya pun mencoba kembali konsisten mengisi blog. Awalnya masih di blogger.com, tetapi setelah ikut kelas WordPress, saya akhirnya hijrah untuk mengembangkan website sendiri dengan hosting dan domain. Saya memilih WordPress untuk keperluan blogging.

Sebenarnya saya bingung antara melanjutkan blog lama atau membuat blog baru. Di blog lama cukup nyaman, tetapi kustomisasinya jadi kurang nyaman ketika tahu pada penyedia lain lebih asyik dan tentu mudah.

Saya juga punya domain .id yang pada akhirnya saya nonaktifkan dan tidak ditautkan ke mana pun. Nganggur, padahal baru saya beli pada bulan ini. Kadang ada rasa sesal dalam diri, tetapi mungkin sementara akan saya gunakan bersama hosting yang saya pakai hari ini.

Utak-atik blog hari ini seputar menghapus footer. Saya memutuskan untuk menghapus footer melalui menu penyunting tema. Saya juga hapus beberapa bagian lain dari templat bawaan yang saya instal beberapa waktu lalu.

Dari utak-atik blog, saya juga belajar sedikit tentang koding. Ya meskipun saya tahunya hanya beberapa saja, tetapi itu jauh lebih baik daripada tidak sama sekali. Siapa tahu ke depan dibutuhkan.

By the way, saya jadi ingat waktu masih belajar di MAN, saya keasyikan belajar koding karena seorang teman lulusan sekolah swasta bonafit di Surabaya mengenalkan saya pada dunia koding. Saya beberapa waktu menikmatinya, meskipun pada akhirnya tidak dilanjutkan karena ditimpa oleh kesibukan lainnya.

Baca Juga  Asah Konsistensi Menulis bersama Indonesia Content Creator

Saya juga belajar mengimpor semua posting-an pada Blogger ke WordPress. Saya juga belajar bagaimana split file xml hasil ekspor posting-an blogger dengan aplikasi WXRsplit. Mengapa harus di-split? Karena kebutuhan impor posting-an yang hanya bisa maksimal 2 mb per file.

Ya, itulah kesibukan hari ini. Semoga saya segera selesai dengan pengaturan blog dan beralih untuk fokus menulis dan mengisinya dengan hal-hal yang bermanfaat.

Keep inspiring through writing!
#blog #blogger #wordpress #belajarkoding #webdeveloper #22122020